8 Manfaat Daun Mangga: Mengatasi Demam, Darah Tinggi, Hingga Diabetes

Kickdeffela.net - Mungkin sebagian besar orang hanya tahu bahwa mangga yang dapat dinikmati atau dikonsumsi adalah bagian dagingnya. Namun bagaimana dengan daunnya?

Tak sedikit orang mengetahui khasiat daun mangga. Sehingga mereka membuang daunnya karena berpikir  tidak ada manfaatnya. Namun, hal ini bisa dibantahkan karena pada dasarnya daun mangga yang direbus, dan air dari hasil rebusannya dapat kita konsumsi untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah untuk mengatasi diabetes.

8 Manfaat Daun Mangga, Salah Satunya Ampuh Atasi Diabetes

Nah, karena daun mangga sudah diketahui sebagai daun yang berkhasiat, maka mulai banyak sudah yang memanfaatkan daun mangga ini dalam kemasan air rebusan daun mangga atau juga bisa dijadikan teh daun mangga.

Lalu, apa saja ya mangaat dari daun mangga? Yuk kita simak 8 manfaat daun mangga berikut ini.

1. Mengobati Disentri

Manfaat Daun Mangga untuk mengobat disentri

Ternyata, salah satu manfaat air rebusan daun mangga juga mampu mengobati disentri. Oya, perlu diingat bahwa disentri itu beda dengan diare. Memang kedua penyakit ini sama-sama membuat kita buang air besar dalam bentuk cair. Namun untuk disentri bisa dikatakan lebih parah dibandingkan diare. Yaitu juga disertai darah.

Kita bisa coba mengatasi disentri ini dengan rebusan daun mangga. Yaitu dengan mengeringkan daun mangga terlebih dahulu dengan sinar matahari. Jika sudah merasa kering, rebus daun mangga tersebut. Setelah itu, air rebusan itu sudah siap untuk diminum sebagai obat disentri.

Jika ingin nikmat lagi, air rebusan daun mangga bisa dijadikan sebagai teh.

2. Mengatasi Batuk dan Demam


Biasanya di musim pancaroba atau pergantian musim membuat kita kebanyakan mengalami batuk dan demam. Jadi bisa dibilang kalau penyakit ini merupakan penyakit tahunan yang mana setiap tahun kita akan mengalaminya.

Kebanyakan orang mengatasi demam dan batuk menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Namun kita bisa meminimaliskan kandungan kimia dengan yang alami. Kita bisa coba manfaat air rebusan daun mangga.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Daun Mangga untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Ternyata air rebusan daun mangga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Karena kandungan di dalam daun mangga mampu memperkuat pembuluh darah hingga mengobati varises.

4. Obat Sakit Perut

Manfaat Daun Mangga untuk mengobati sakit perut

Ya, bisa dibilang kalau rebusan daun mangaa juga mampu melancarkan dan mengatasi masalah pencernaan. Sehingga daun mangga berkhasiat sebagai obat sakit perut.

5. Menguatkan Perut

Manfaat Daun Mangga untuk menguatkan perut

Selain mengobati, daun mangga pun juga untuk mencegah. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Ya, rebusan air mangga ini mampu menguatkan perut kita dari kondisi segala macam gangguan pencernaan.

6. Mengatasi Cemas

Manfaat Daun Mangga untuk mengatasi cemas

Ternyata, khasiat daun mangga ini juga mampu mengatasi cemas yang berlebihan alias stress. Stress bisa disebabkan adanya tekanan darah yang tinggi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa daun mangga mampu mengontrol tekanan darah.

7. Mengobati Gangguan Telinga

Manfaat Daun Mangga untuk mengobati gangguan telinga

Adanya gangguan telinga, membuat kita tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bisa jadi gangguan telinga itu disebabkan adanya kotoran yang ada di dalam telinga.

Nah, untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan ekstrak daun mangga, yang mana bisa kita blender dahulu, kemudian kita rebus daun mangga. jika merasa sudah cukup direbus, maka air rebusan ekstrak tadi diteteskan pada telinga kita sedikit saja.

8. Mengatasi Diabetes

Manfaat Daun Mangga untuk mengatasi diabetes

Penyakit diabetes sudah terkenal di mana-mana, yang mana penyakit ini bahkan bisa merenggut nyawa seseorang, jika kita tidak segera mengatasinya.

Diabetes terjadi karena adanya pancreas dalam tubuh kita tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup sebagai kebutuhan tubuh. Sehingga, kadar gula di dalam tubuh pun menjadi tinggi. Untuk itu, kita perlu mengontrol kadar gula di dalam tubuh agar tidak terlalu tinggi dan menjadi diabetes.

Namun, perlu diketahui kadar gula yang terlalu rendah juga bisa membuat tubuh kita nge-drop atau lemas. Jadi, perlu dikontrol agar tidak terlalu tinggi, maupun tidak terlalu rendah.

Salah satu obat alami diabetes adalah rebusan daun mangga. Karena rebusan daun mangga ini mampu mengontrol kadar gula di dalam tubuh kita. Yang mana dikarenakan bahwa daun mangga mengandung khasiat antidiabetes, antioksdian, kardiotonik, hipotensi, dan antiinflamasi.

Selain itu, daun mangga juga mengandung mineral, enzim, zat antioksidan, dan vitamin yang sangat efektif mengontrol kadar gula dalam darah kita.

Daun mangga untuk diabetes juga karena mengandung zat tannin dan antocyanin yang mampu mengatasi maupun mencegah diabetes secara alami.

Cukup menyiapkan 2-3 lembar daun mangga, kalau perlu yang masih muda. Kemudian rebus daun mangga tersebut hingga beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa meminumnya saat air rebusan sudah dingin.

Nah, itulah 8 manfaat rebusan daun mangga yang bisa kita gunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya penyakit yang paling kita takutkan yaitu diabetes.

Daun mangga pun sangat mudah dicari dan dijumpai di berbagai tempat. Sehingga bukan alasan lagi untuk kita tidak dapat menemukan daun mangga sebagai pengatasan penyakit bukan.
komentar